Home > Ramadhan > Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Alhamdulillah tahun ini (2012 M/1433 H) kembali kita masih diberi kesempatan untuk berjumpa kembali dengan bulan ramadhan, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh dengan keistimewaan. Keistimewaan bulan ramadhan memang sangat luar biasa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya dalil-dalil yang mengupas tentang keistimewaan bulan ramadhan ini, diantaranya adalah:

1. Bulan diturunkannya Al-Qur'an. "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)." (QS Al-Baqoroh : 185)

2. Diampuni dosa-dosa dibulan itu. Rasulullah Muhammad  SAW bersabda: "Barang siapa yang berpuasa dibulan ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Pintu Langit Dibuka Sedangkan Pintu – Pintu Neraka Ditutup. Rasulullah Muhammad  SAW bersabda: "Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu“ ( HR Bukhari dan Muslim ). Dalam hadist lain beliau Rasulullah juga bersabda :“Celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan
dosanya belum diampuni
“ ( HR.Tirmidzi dan Ahmad )

Dari dalil-dalil diatas tampak jelaslah oleh kita, betapa besarnya Keistimewaan Bulan Ramadhan, oleh karenanya, segeralah mari kita manfaatkan momentum yang sangat langka ini, dengan melaksanakan segala ritual ibadah yang telah diajarkan, mumpung jasad masih dikandung badan, mumpung kita masih bernyawa, mumpung kita masih diberi kesempatan, jangan menunda-nunda lagi, jangan menunda esok hari, karena kita tidak akan pernah tahu, kapan jatah usia kita ini akan berakhir. Dan harapannya, di ramadhan tahun ini, semoga Allah SWT memberi kita kesehatan untuk dapat memanfaatkan dan menunaikan amalan-amalan dibulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga akhirnya kita bisa mendapat predikat orang yang bertaqwa.

Mari gapai dan raih Keistimewaan Bulan Ramadhan.

Categories: Ramadhan Tags: , ,
  1. July 2nd, 2013 at 10:47 | #1

    keberkahan di bulan ramadhan memang sangat di tunggu2 🙂

  1. No trackbacks yet.

Media berbagi ilmu, cerita dan pengalaman page contents